Senin, 03 Oktober 2011

Keadilan dan sahabatnya



Gue selalu yakin apa yang ada di muka bumi ini. Seperti keadilan dan ketidak adilan. Naib baik maupun buruk sekalipun.  Orang jahat dan orang baik. Semua mempunyai sisi HITAM PUTIH. Yaa...itulah hidup.. apa yang kita lakukan 1 detik kemudia pun tak terdeteksi..
Dan gue yakin, ketika sebuah impian kita yang sangat indah,bagus,bahkan telah terkonsep namun hancur seketika akan mengakibatkan kita GIVE UP. Walau tidak semua orang langsung give up, pada nyatanya 10% hati kecil kita akan terkena virus itu. Benar kan?? Ngga udah muna. Rasa yang sangat amat manusia sekali.
1 lirik lagu favorite gue saat IMPIAN INDAH gue hancur adalah ‘KETIKA MIMPI MU YANG BEGITU INDAH.. TAK PERNAH TERWUJUD YA SUDAHLAH...’
Ya.. ya sudahlah... mau diapain lagi kalo impian itu benar-benar tidak bisa terwujud dengan baik. Mau nyalahin diri sendiri?? Itu ngga akan bisa merubah kejadian. Nyalahin orang lain?? Wah.. ngga ada sangkut pautnya juga.. 
Kadang gue bertanya pada orang-orang sekitar gue.. ‘terus gue mesti nyalahin siapa??’ dan orang-orang itu hanya menunjuk ke atas. Allah saw..  ya hanya Allah yang berkuasa diatas semua kemampuan manusia. Itu ilmu mutlak!

Sebuah keadilan
Adil.. sesuatu yang tidak dibeda-bedakan. Tidak ada yang merasa sedih. Kecewa. Marah. Kesal. Karena semua akan merasa senang dan bahagia ketika sebuah keadilan datang. Semua sama rata. Tapi terkadang keadilan datang pada orang-orang yang beruntung.
Dari gue kecil sampe udah punya KTP gini, suatu keadilan digambarkan pada suatu negara berlambangkan burung garuda yang masyarakatnya selalu berteriak ‘YANG KAYA MAKIN KAYA,YANG MISKIN MAKIN MISKIN’
Permasalahan yang komlpeks. Mau nyalahin orang kayanya, mereka belum tentu salah. Mau bela yang miskin,belum tentu benar juga. Karena gue sebagai orang yang tidak kaya dan tidak miskin juga, jadi.. ya netral lah. Maau dilihat dari sudut pandang manapun akan ngga ketemu jalan keluarnya. Bisa-bisa jadi wong edan!!

Jangan pernah nanya apa aja ketidak adilan dan keadilan yang pernah gue alami!!! Karena gue akan nulis sendiri tanpa kalian tanya.. *ngah ala mbeng
Gue udah hidup selama 17 tahun 8 bulan 1 hari... artinya udah beratus-ratus juta jam.. *apaiya?? Ala udin
Banyak pengalaman pahit dari kata adil. Waktu SD pernah ngga dapet sebuah ketidak adilan dari seorang guru. Saat itu gue kelas 4 SD, dan dia walas gue. Sakit hatinya sampe sekarang. Bukan pendendam tapi entah kenapa hal itu susah untuk di hapus. Benci maksimal. Karena hal ketidak adilan itu, gue nyari sensasi aja dari guru-guru lain. Gue deket-deketin mereka satu-satu. Pertama walas gue kelas 5, Bapak engkus kusnadi (nama dan wajahnya mirip bokap). Disitu setiap hari gue disuruh maju kedepan buat ngerjain pr di papan tulis (masih pake kapur). Kalo apa-apa gue. Gue lagi,gue lagi dan gue lagi. Udah kaya bokap sendiri deh. Lama-lama gue deketin guru bahasa sunda. Tau dah lupa namanya dia siapa. Tapi asli dia doer. Jadi gue dan geng, manggilnya pak doer hahahaa... (maaf ya pak?). misi kedua terselesaikan. Nilai bahasa sunda pun mulus. Lancar.. lanjut sasaran selanjutnya guru bahasa inggris, Bapak Munir. Beliau baik banget deh. Apa-apa gue dan geng gue. Karena guru agama kurang enak (secara dia cewek) jadi misi gue cukup sampai di mr.Munir. biasa banyak pro-kontra karena ketenaran gue dikalangan guru-guru itu. Maklum... gue tanggepin dengan biasa aja.

Pas SMP, alhamdulillah ya.. *ala syahrini...  gue dapet keadilan banget. Gurunya baik-baik. Sampe-sampe ruang guru jadi hak milik gue. Cuman bilang ‘pak ngga ada guru. Ngadem ya bentar?’ langsung duduk disofa. Ademnya maknyus... sambil ngadem,sambil memperdalam ilmu juga gue. Ngobrol,bercanda. Negosiasi nilai gue yang jelek. Minta naikin 0,5. Ditraktir teh botol sosro (sering banget), bubur, soto aki yang enaknya terkenal sampe seantero sd bansal 6 dan smp 2 bansal (satu gedung), hafal meja-meja guru, pencetin bel istirahat, minta kisi-kisi ulangan (gue doang yang dapet. Taro kantong baju. Kecuci. Ngga belajar. *ngah). guru yang paling deket banget sama gue itu Bapak dwi (guru elektro.) Tapi gue dapet nilai kecil mulu. Padahal soalnya itu lagi-itu lagi. Hahahaaa... payah dah!! Kak dedi (guru tapak suci). Dilapangan galaknya ampe ubun-ubun sama gue (karena gue ngga pernah serius kalo latihan dan SELALU telat) tapi pas lagi ngga ngajar seruuuu gilaaa.... TOP dah. Kaya kakak sendiri. Ganteng pula. Cihuymarihuy deh.. Bapak sahlani a.k.a pasal (kepsek) adalah sosok kepsek yang asik sedunia. Ngga ada deh kepsek yang kece kaya dia. Walau dia kepsek tapi deketnya melebihi guru ke gue dan teman-teman. Kalo ketemu gue pasti gini “hayooo dara...”
SORRY... JADI KEMANA-MANA... back to topic!!
Intinya ya waktu SD gue dapet ketidak adilan,SMP dapet 100%. SMA? Tau ah gelap!! Cuman bunda,madam,umi dan pak teguh doang yang asik. Bu ginting juga kadang doang.
Suramlah perjalanan persahabatan gue dengan guru2 sana. Kagak asik!!!
Sssst.. pertemanan di sana juga kadang menebarkan ketidakadilan. Tapi jangan bilang-bilang ya??? Kita aja yang tau.. ssssst....

Ini menurut padangan gue loh.. ngga terima ya sok atuh ngga usah marah.
Persaingan baik akademik ataupun non-akademik (pertemanan) sangat keliatan jelas banget. Asal pinter-pinter milihnya aja. Kenal dan dekat aja. Jangan terlalu dekat-dekat banget. Kalaupun dekat masih dikasih jarak lah dikit. Bukan berarti gue menutup diri sama orang lain. Tapi gue trauma pas SMP. Belajar dari pengalama aja.
Dan disana itu punya kelompok masing2. Gue? Netral aja... damai sama sana sini.
Tadinya gue mau cerita tentang salah satu tindakan ketidak adilan terhadap anak2 ke salah satu teman gue dan gue. But, next time. Pikir2 ulang lagi. Takut orangnya marah kalo baca. Nanti heboh lagi.. kan ngga lucu kalo mau lulus gue berantem. Nanti kagak asik perpisahannya dan reuniannya. Peace forever deh...

Masalah impian-impian gue sih banyak..
Impian masa pendek itu...
1.      Lancar TO,UAS,UN
2.      Lulus UN
3.      Diterima di Universitas Negeri
4.      Novel kelar
5.      Cerpen dimuat di majalah
6.      LIA lancar
7.      Les BIOLA
Udah itu aja.. itu aja yang dibuka, lainnya simpan dalam hati dan lakukan dengan keyakinan dan semangat. Setuju ngga????

Nunggu postingan gue lagi ya.. gue akan sering posting kok dari berbagai via. Via lapty indah, kakak gue, lapty dita, lapty gue, dan lapty2 yang sedang bertebaran didalam kelas..
See you
Thanks


Love Allah,my parents,my friends and my brother (afgan)


2 komentar:

  1. nice posting kaka :)
    tapi MY BROTHER apa itu?bangun ka bangun.hahaha

    BalasHapus
  2. ur wel dek
    lebih baik Brother,daripada loe Husband. Preeet :p
    sering2 berkunjung ya
    terimakasih

    BalasHapus